my family

my family

Rabu, 22 Juni 2011

REsum3

KESIMPULAN
Metode Langsung (Direct Method)
Direct artinya langsung. Direct method atau metode langsung yaitu suatu cara menyajikan materi pelajaran Bahasa Asing dimana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa  anak didik sedikit pun dalam mengajar.
Ciri-ciri metode ini adalah :
Ø      Materi pelajaran pertama-tama diberikan kata demi kata, kemudian struktur kalimat.
Ø      Gramatika diajarkan hanya bersifat sambil lalu, dan siswa tidak dituntut menghafal rumus-rumus gramatika, tapi yang utama adalah siswa mampu mengucapkan bahasa secara baik.
Ø      Dalam proses pengajaran senantiasa menggunakan alat bantu
Ø      Setelah masuk kelas, siswa dikondisikan bercakap-cakap dalam bahasa asing, dan dilarang menggunakan bahasa lain.

Kebaikan metode langsung (Direct)
ü      Siswa termotivasi untuk dapat menyebutkan dan mengerti kata-kata kalimat dalam bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya, apalagi guru menggunakan alat peraga dan macam-macam media yang menyenangkan.
ü      Karena metode ini biasanya guru mula-mula mengajarkan kata-kata dan kalimat-kalimat sederhana yang dapat dimengerti dan diketahui oleh siswa dalam bahasa sehari-hari misalnya (pena, pensil, bangku, meja, dan lain-lain), maka siswa dapat dengan mudah menangkap simbol-simbol bahasa asing yang diajarkan oleh gurunya..
Kelemahan metode ini ,diantaranya :
Ø                  Penguasaan bahasa yang sempurna biasanya sukar bisa dicapai.
Ø                  Sukar sekali diterapkan pada kelas yang besar.
Metode Alamiah (Natural Method)
Metode Alamiah (Natural Method) disebut demikian karena dalam proses belajar, siswa dibawa ke alam seperti halnya pelajaran bahasa ibu sendiri.
Kelebihan metode ini antara lain :
o        Pada tingkat lanjutan metode ini sangat efektif
o        Pengajaran membaca dan bercakap- cakap dalm bahasa asing sangat diutamakan, sedangkan pelajaran gramatikal diajarkan sewaktu- waktu saja.
Kelemahan metode ini antara lain :
o        Siswa merasa kesulitan belajar apabila belum memiliki bekal dasar bahasa asing terutama pada tingkat- tingkat pemula.
o        Pada umumnya, anak didik dan guru bersikap tradisional mengutamakan gramatika lebih dahulu daripada membaca dan percakapan sesuatu hal yang salah secara ilmiah yang amat perlu diubah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar